Pendaftaran PPG.Ristekdikti.go.id Online Guru Honorer/Swasta/PNS 2017/2018

Pendaftaran PPG.Ristekdikti.go.id Online 2017/2018 simak Pendaftaran PPG 2017/2018 berikut PPG 2017 dan PPG Online dan Guru PNS, Guru Honorer, Guru Swasta dan Yayasan Kabar gembira bagi lulusan sarjana pendidikan saat ini pemerintah melalui RistekDikti membuka pendaftaran PPG secara online melalui situs resmi http://ppg.ristekdikti.go.id. PPG merupakan Pendidikan Profesi Guru seperti kita ketahui bahwa saat ini Guru bukan lagi sebagai salah satu pekerjaan pengabdian semata, kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan masa depan bangsa terletak pada guru.

Sudah seharusnya pemerintah memperhatikan para Calon Guru maupun Guru karena 20% APBN kita setiap tahun diambil untuk kepentingan otoritas pendidikan termasuk didalamnya adalah kesejahteraan guru. Kedepan seorang guru akan lebih terjamin jika dibandingkan dengan guru-guru jaman lawas, mereka yang dulu menjadi guru hanya disebut sebagai pengambdian saja namun seiring berjalan waktu pekerjaan sebagai guru akan dipandang sebagai profesi.

Hal itu setara dengan Profesi dokter dan yang lainnya dimana guru akan dituntut bekerja secara profesional sesuai dengan SOP pemerintah tidak hanya sekedar mengabdi saja, bahkan lebih dari itu. Melalui PPG atau pendidikan profesi guru pemerintah berharap bahwa kedepan pendidikan yang ada di Indonesia semakin baik sesuai dengan profesional seorang guru, sesuai dengan ketentuan undang-undang bahwa mereka yang sudah memenuhi syarat profesi ditandai dengan sertifikat akan mendapatkan tunjangan dari pemerintah.

Tunjangan yang dimaksud adalah tunjangan profesi sebagai guru profesional pemerintah yang akan membayar tunjangan tersebut sebesar 7.5 juta pertiga bulan, dengan catatan sudah mendapatkan sertifikat profesi, kabar bahagia ini tidak hanya berpihak kepada guru (PNS) saja melainkan untuk semua Guru baik Swasta ataupun Honorer akan mendapatkan hak sama.

Jika Guru PNS disebut sebagai Sertifikasi Guru dimana dana yang akan diterima pertiga bulan akan dibayarkan langsung, sementara guru swasta akan mendapatkan tunjangan prosefesi yang disebut sebagai Infasing besaran juga sama, bahkan untuk Guru Honorer juga berhak menerima tunjangan profesi yang sama. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa PPG itu penting diikuti oleh semua Guru yang belum memiliki sertifikat Profesi.

Tunjangan profesi yang akan didapat dipastikan akan menunjang kesejahteraan Guru tidak hanya guru PNS saja tetapi Guru Swasta dan Honorer berhak menerimanya, namun memang semua program tentu memiliki aturan main sendiri-sendiri seperti contoh apabila anda mengikuti PPG sebagai guru Swasta atau Honorer memiliki minimal masa honor kerja minimal 5 tahun.

Dengan dibuktikan melalui SK baik itu Swasta maupun negeri selain itu ada beberapa persyaratan lain yang harus diikuti oleh peserta terkait dengan PPG diantaranya RistekDikti membagi PPG ini menjadi beberapa katagori PPG Pra jabatan Bersubsidi dan PPG Dalam Jabatan Bersubsidi, kedua katagori ini memiliki spesifikasi persyaratan sebagai berikut :


Pendaftaran PPG Pra Jabatan Bersubsidi

PPG Pra Jabatan Bersubsidi adalah PPG yang pembiayaan pendidikannya dibantu oleh pemerintah mereka yang bisa mengikuti PPG ini usia dibawah 28 tahun kemudian belum menikah  pendaftaran dilaksanakan melalui situs http://ppg.ristekdikti.go.id/daftar/index.php/pendaftaran/formulir/index pada tanggal 8-20 Mei 2017 dari mulai masa pendaftaran hingga finalisasi adapun persyaratan lengkap apabila anda ingin mengikuti Pendaftaran PPG ini sebagai berikut :


Persyaratan
  1. Lulusan S1/D4 program studi terakreditasi minimal B;
  2. Berusia setinggi-tingginya 28 tahun dihitung sampai dengan tanggal 31 Desember tahun pendaftaran;
  3. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG;
  4. Calon mahasiswa terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI);
  5. IPK minimal 3,00;
  6. Mengupload foto, ijazah/SKL (Surat Keterangan Lulus), transkrip nilai

Dokumen-dokumen yang WAJIB dibawa/ditunjukkan pada saat SELEKSI BAKAT dan MINAT:
  1. Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang;
  2. Sehat jasmani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  3. Sehat rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah;
  4. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian;
  5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program PPG, yang dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai Rp 6.000,00 dan disyahkan oleh Lurah/Kepala Desa.

Program Studi yang dibuka:
  1. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  2. Teknik Elektronika
  3. Teknik Elektro
  4. Teknik Otomotif
  5. Teknik Mesin
  6. Teknik Kimia
  7. Teknologi Penangkapan Ikan
  8. Agribisnis Produksi Ternak
  9. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian & Perikanan
  10. Kepariwisataan
  11. Agribisnis Produksi Tanaman
  12. Pendidikan Anak Usia Dini
  13. Matematika
  14. Bahasa Inggris
  15. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
  16. Pendidikan Luar Biasa  


Pendaftaran PPG Dalam Jabatan Bersubsidi

PPG Dalam Jabatan Bersubsidi adalah PPG yang diperuntukkan bagi Guru yang telah memenuhi syarat dan pembiayaan PPG baginya dibantu oleh Pemerintah. Untuk katagori usia maksimal 25 tahun kemudian sudah memiliki masa kerja minimal 5 tahun berturut-turut apabila ingin mendaftar silahkan lakukan registrasi melalui situs resmi http://ppg.ristekdikti.go.id/daftar/index.php/pendaftaran/formulir/index yang akan dilaksanakan pada tanggal 21 Mei - 1 Juni 2017 adapun syarat pendaftaran lengkap sebagai berikut :


Persyaratan
  1. Calon mahasiswa terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik);
  2. Lulusan S1/D4 dari perguruan tinggi dengan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) minimal B dan/atau dari program studi terakreditasi minimal B;
  3. Calon mahasiswa terdiri dari: Guru yang telah mengikuti program Talentscouting/Sarjana Mengajar yang dibuktikan dengan sertifikat program;
  4. Guru tetap dan guru tidak tetap (guru honor) di sekolah negeri dan sekolah swasta yang belum memiliki sertifikat pendidik dan telah memiliki masa kerja minimal 5 (lima) tahun berturut-turut yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Mengajar dari Kepala Sekolah;
  5. pada Program Keahlian Ganda (PKG) yang dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala P4TK yang terkait.
  6. Berusia setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 31 Desember 2017;
  7. Program studi S1/D4 linier dengan bidang studi pada program PPG dalam jabatan (lihat daftar);
  8. Indek Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75;

Dokumen-dokumen yang WAJIB dibawa/ditunjukkan pada saat Pelaksanaan Test Online:
  1. Membuat portofolio rekognisi pembelajaran lampau/RPL
  2. Bebas Napza, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari BNN atau yang berwenang;
  3. Sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah;
  4. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepolisian

Program Studi yang dibuka:
  1. Teknik Elektronika
  2. Teknik Elektro
  3. Teknik Otomotif
  4. Teknik Mesin
  5. Teknik Kimia
  6. Teknologi Penangkapan Ikan
  7. Agribisnis Produksi Ternak
  8. Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian & Perikanan
  9. Kepariwisataan
  10. Agribisnis Produksi Tanaman

Apabila sudah membaca syarat dan kemudian anda memenuhi semua poin persyaratan maka tahap selanjutnya adalah mengakses situs resmi yang telah disebutkan kemudian klik tombol "Lanjut" langkah selanjutnya anda akan diminta untuk NPSN Bisa dilihat di data dapodik masing-masing sekolah. kemudian tanggal lahir pendaftar klik "Lanjut"

Selanjutnya akan masuk pada tahap 2 dan ikuti semua petunjuk yang ada pada formulir pendaftaran Online PPG sampai dengan finalisasi sesuai waktu yang telah ditetapkan, singkat cerita apabila peserta sudah berhasil melakukan pendaftaran terdapat beberapa bukti yang harus dicetak sebagai tanda anda sudah terdaftar. Kemudian langkah selanjutnya membawa beberapa dokumen wajib yang sudah disebutkan pada poin diatas saat tes online dilaksanakan.

Apabila peserta sudah mengikuti tes maka biasanya hasil akan segera diumumkan melalui situs resmi http://ppg.ristekdikti.go.id atau situs PTN tempat anda mengikuti tes online PPG, apabila mereka yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes tahap lanjut sampai dengan selesai jika semua berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan maka sudah pasti anda akan mendapatkan kepastian kelulusan.

Mereka yang sudah dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan selama 2 semester dengan tunjangan biaya bersubsidi sesuai dengan ketentuan RistekDikti saat mengikuti tes, sampai dengan akhir pendidikan mereka yang sudah dinyatakan lulus PPG akan mendapatkan sertifikat Pendidikan kemudian setelah itu dapat diajukan kelalui institusi tempat guru mengajar.

Barulah mendapatkan tunjangan Profesi namun proses itu akan berjalan cukup panjang dan cukup melelahkan bagi para guru karena harus mempersiapkan fisik, mental, tenaga dan pikiran, diharapkan dengan PPG ini dapat meningkatkan Mutu dan kinerja Pendidikan kedepan, itulah beberapa informasi yang bisa admin berikan semoga bisa memberikan manfaat.

Dari beberapa uraian yang telah dijelaskan tentu semua itu akan memakan waktu yang cukup panjang maka dari itu pastikan anda konsisten untuk mematuhi semua ketentuan PPG apabila sudah lulus seleksi karena tidak ada kata mundur setelah lulus jika melanggar semua ketentuan maka tuntutan denda dan backlist nama akan diberlakukan.

Jangan samapi anda menyia-nyiakan kesempatan ini, karena ini merupakan kesempatan bagi mereka yang belum PNS untuk mendapatkan tunjangan profesi dan juga mereka yang sudah PNS akan mendapatkan tunjangan profesi, mungkin anda sudah terpikir berapa gaji non PNS apabila anda seorang Honor tentu PPG ini akan menjadi angin segar bagi kehidupan karir sebagai seorang guru.

Demikianlah informasi yang bisa admin jelaskan kurang dan lebihnya mohon maaf, jangan tunggu lagi apabila anda sudah membaca informasi ini sesuai dengan jadwal langsung kunjungi situs yang sudah disebutkan untuk segera melakukan pendaftaran, dengan catatan menuhi semua persyaratan pendaftaran yang sudah ditetapkan terima kasih semoga sukses.

Subscribe to receive free email updates: