Pendaftaran CPNS Kemenkop UKM 2017/2018

Kemenkop UKM - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Terbaru September 2017/2018 Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memiliki tugas utama yaitu melaksanakan urusan pemerintahan daerah dalam bidang kperasi dan usaha kecil dan menengah berdasarkan asas otonomi daerah dan tugas pembantuan.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menegah (UKM) merupakan salah satu kementerian Republik Indonesia yang bergerak dalam bidang urusan kperasi dan usaha kecil dan menengah. Sebagai cara pengoptimalkan pengelolaan dana bergulir Kementerian Negara Koperasi dan UKM membentuk lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menegah (LPDB-KUMKM) yang memiliki fungsi untuk melaksanakan pengelolaan dana bergulir untuk pembiayaan KUMKM.



Kementerian Koperasi dan UKM dipimpin oleh seorang Menteri Koperasi Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM). Koperasi adalah institusi atau lembaga yang berdiri atas dasar solidaritas tradisional dan kerjasama antar individu. Koperasi sudah berkembang sejak awal sejarah manusia hingga pada awal Revolusi Industrial di Eropa pada akhir abad 18 dan selama abad 19 koperasi disebut sebagai Koperasi Historis atau Koperasi Pra-Industri.

Koperasi Modern mulai didirikan pada akhir abad ke 18, koperasi ini didirikan atas jawaban dari banyak masalah sosial yang muncul selama tahap awal Revolusi Industri. Di Indonesia, sistem koperasi mulai diperkenalkan pertama kali oleh Patih di Purwokerto, Jawa Tengah, R. Aria Wiraatmadja pada tahun 1896 mendirikan sebuah Bank bagi Pegawai Negeri. Harapan dan semangat tersebut selanjutnya diteruskan oleh D e Wolffvan Westerrode.

Pada tahun 1908, Budi Utomo yang didiran oleh Dr. Sutomo memberikan peran penting bagi gerakan koperasi untuk memperbaiki kehidupan rakyat. Tepatnya pada tahun 1915 koperasi ini dibuat peraturan Verordening op de Cooperative Vereeniging dan pada tahun 1927 terdapat peraturan baru Regeling Inlandschhe Cooperatiev.

Tugas dan fungsi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah telah ditetapkan dalam Peraturan Presiden  Nomor 24 tahun 2010 tentang kedudukan Kementerian Negara serta susunan organisasi, tugas, dan fungsi eselon I Kementerian Negara pasal 552, 553, dan 554 yaitu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memiliki tugas menyelenggarakan urusan dalam bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah dalam pemerintan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Dalam menjalankan tugasnya, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah memiliki fungsi khusus diantaranya yaitu sebagai berikut.
  1. Perumusan dan penetapan kebijakan dalam bidang koperasi dan usaha mikro kecil dan menengah,
  2. Sebagai koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan dalam bidang koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah,
  3. Pengelolaan barang milik atau kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,
  4. Sebagai pengawas atas pelaksanaan tugas di lingkungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,
  5. Penyelenggarakan fungsi teknis pelaksanaan pemberdayaan koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah sesuai dengan undang-undang dalam bidang koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah.

Pada saat ini Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menenga Indonedia kembali membuka kesempatan kepada seluruh Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat dan berminat menjadi CPNS dalam lingkungan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dengan kualifikasi dan ketentuan tertentu. Bagi Anda Warga Negara Republik Indonedia segera daftarkan diri Anda, sebagai referensi berikut adalah cara pendaftaran CPNS Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah secara lengkap.


Formasi jabatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
  • Petugas penyuluh koperasi lapangan

Lokasi PPKL yang ditawarkan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.
  • PPKL Aceh : Aceh Besar, Pidie Jaya, bireun, bener meriah, aceh selatan, aceh utara dan banda aceh
  • PPKL Banten : Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang Dan Kota Cilegon.
  • PPKL Bangka Belitung : Pangkal Pinang, Bangka, Dan Bangka Selatan.
  • PPKL Bengkulu : Kepahyang, Rejang Lebing, Bengkulu Selatan Dan Bengkulu Utara.
  • PPKL Jambi : Bungo, Tebo, Tanjung Jabung Barat, Dan Kota Sungai Penuh.
  • PPKL Kalimantan Selatan : Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Tabalong Dan Balangan.
  • PPKL Kalimantan Tengah : Katingan, Pulau Pisau, Barito Selatan Dan Barito Utara.
  • PPKL Lampung : Pesisir Barat, Lampung Barat, Tulung Bawang, Tulung Bawang Barat, Dan Tanggamus.
  • PPKL NTB : Lombok Utara Dan Bima.
  • PPKL NTT : Manggarai Barat, Ngada, Nagkeo, Flores Timur, Lembata Dan Sikka.
  • PPKL Sulawesi Tengah : Banggai Laut Dan Morowali Utara.
  • PPKL Sulawesi Tenggara : Konawe Selatan, Konawe Utara, Muna Dan Muna Barat.
  • PPKL Sumatera Selatan : Pali, Empat Lawang, Lahat Dan Ogan Llir.
  • PPKL Sumatera Utara : Nias Barat, Nias, Samosir, Batu Bara, Deli Serdang, Nias Selatan Dan Nias Utara.

Deskripsi Pekerjaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah.

Syarat dan ketentuan.
  1. Usia diantara 22 s.d. 35 tahun.
  2. Berdomisili dan bersedia ditempatkan di Kabupaten atau kota penempatan sesuai,
  3. Dapat mengoperasikan komputer (Ms. Office).
  4. Pendidikan minimal D3, diutamakan jurusan Manajemen, Ekonomi, Akuntansi, Koperasi, Sosial-Ekonomi.
  5. IPK minimal 2,75.
  6. Melampirkan fotocopy ijazah yang dilegalisir, FC KTP atau tanda pengenal lain, daftar riwayat hidup (dengan melampirkan nomor telepon dan email aktif), surat lamaran, pas foto 3x4, surat keterangan sehat dari dokter, SKCK.
  7. Untuk info pendaftaran kerja dan jadwal pendaftaran lebih lengkapnya Anda dapat menghubungi di email bagdat@ddepkop.go.id.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan, proses pendaftaran dilaksanakan melalui situs sscn.bkn.go.id sebelum mendaftar pastikan anda harus persyaratan dan ketentuan karena sekali mendaftar semua data yang sudah diisi tidak akan bisa diperbaiki lagi apabila ada pendaftaran periode 1 tidak bisa menggunakan data yang lama harus menggunakan data yang baru dan mendaftar lagi dari awal. Selamat Mencoba.

Subscribe to receive free email updates: