Pendaftaran CPNS KEMENLHK 2017/2018

KEMENLHK - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2017/2018 Terbaru September 2017 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang terdapat dalam bidang urusan lingkungan hidup dan kehutanan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan adalah penggabungan antara Kementerian Lingungan Hidup dan Kementerian Kehutanan. 

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan berada di bawah tanggung jawab kepada Presiden. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dipimpin oleh seorang Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Men LHK). Pada masa pemerintahan Presiden Jokowi saat ini, Kementerian Kehutanan di gabungkan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sebagai pengetahuan, berikut adalah nama-nama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebelum digabung menjadi satu bagian.



Lingungan hidup.
  • Kementerian Lingkungan Hidup (Kemen LH, 2005-2014)
  • Kementerian Negara Lingkungan Hidup (Kemeneg LH, 1993-2005)
  • Kementerian Negara Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Kemeneg KLH, 1983-1993)
  • Kementerian Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Kemeneg OOLH, 1978-1983)

Kehutanan.
  • Kementerian Kehutanan (2005-2014)
  • Departemen Kehutanan (1998-2005)
  • Departemen Kehutanan dan Perkebunan (1998)
  • Departemen Kehutanan (1984-1998)
  • Direktorat Jenderal Kehutanan, Departemen Pertanian (sampai dengan tahun 1983)

Tugas dan FungsiKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  1. Perumusan dan penetapan kebijakan dalam bidang penyelenggaraan pemantapan kawasan hutan dan lingkungan hidup secara berkelanjutan, pengelolaan konvervasi sumber daya alam dan ekosistemnya, peningkatan daya saing industri primer hasil hutan, pelanggaran hukum dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan, pengendalian dampak perubahan iklim, pengendalian kebakaran hutan dan lahan, perhutanan sosial dan kemitraan.
  2. Pelaksanaan kebijakan dalam bidang penyelenggaraan pemantapan kawasan hutan dan lingkungan hidup secara berkelanjutan,
  3. Sebagai koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan dalam bidang tata lingkungan, pengelolaan kanekaragaman hayati, peningkatan daya dukung daerah aliran sungai dan hutan lindung,
  4. Pelaksanaan bimbingan teknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan penyelenggaraan pemantapan kawasan hutan dan penataan lingkungan hidup secara berkelanjutan,
  5. Pelaksanaan penelitian, pengembangan, dan inovasi dalam bidang lingkungan hidup.

Kontak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
  • Gedung Manggala Wanabakti Blok I Lt. 2 Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat.
  • Website Resmi Kementerian LHK : www.menlhk.go.id

Pada saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonedia kembali membuka kesempatan kepada seluruh Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat dan berminat menjadi CPNS dalam lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan kualifikasi dan ketentuan tertentu. Bagi Anda Warga Negara Republik Indonedia segera daftarkan diri Anda, sebagai referensi berikut adalah cara pendaftaran CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan secara lengkap.

1. Deskripsi Pekerjaan

A. Formasi jabatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Pengawas Lingkungan Hidup Pertama
  • Kriteria CPNS : Kualifikasi pendidikan S1 bidang MIPA, Ilmu Biologi, Ilmu Fisika, Ilmu Kimia, Metalurgi, Planologi, Statistika, Ilmu Lingkungan, Teknik Lingkungan, Teknik Kimia, Teknik Fisika, Teknik Mesin, Teknik Pertambangan, Teknik Industri, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknik Perminyakan, Geologi, Geodesi, Kelautan dan Perikanan, Pertanian, Kehutanan dan Geografi.
  • Polisi Kehutanan Pelaksana Pemula

Kriteria CPNS : Kualifikasi pendidikan SMK Jurusan Kehutanan.
  • Polisi Kehutanan Pelaksana

Kriteria CPNS : Kualifikasi pendidikan minimal D3 Kehutanan atau Ekowisata
  •  Polisi Kehutanan Pertama

Kriteria CPNS : Kualifikasi pendidikan S1 Kehutanan, Biologi, Pertanian, Teknik Lingkungan dan Hukum.
  • Pengendali Ekosistem Hutan Kriteria CPNS : Kualifikasi pendidikan SMK Jurusan Kehutanan.
  • Pengendali Ekosistem Hutan Pelaksana Kriteria CPNS : Kualifikasi pendidikan D3 Kehutanan atau Ekowisata.
  • Pengendali Ekosistem Hutan Pertama Kriteria CPNS : Kualifikasi pendidikan S1 Pertanian, Kehutanan, Perikanan/ Kelautan, Biologi, Ilmu Lingkungan, Sosiologi, Kedokteran Hewan, Geografi dan Kartografi.

Persyaratan Umum bagi CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Calon Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/ PNS/ Anggota Negara/ Anggota TNI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipis, anggota Polri, prajurit TNI, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  5. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA) surat tersebut harus diambil dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.
  6. Bersedia ditempatan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

 Tata Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
  • Untuk pendaftaran, setiap pelamar harus melakukan pengisian formulir pendaftaran secara online ketika jadwal pendaftaran sudah ditetapkan untuk mendapatkan username dan password,
  • Untuk seleksi administrasi, panitia akan melakukan seleksi administrasi berkas pelamar yang sudah melakukan pendaftaran secara online, verifikasi berkas yang diterima maka pelamar harus melengkapi kembali berkas untuk tahap berikutnya,
  • Verifikasi berkas pelamar, setelah dinyatakan diterima pelamar harus datang ke tempat yang sudah ditetapkan untuk melakukan verifikasi berkas,
  • Waktu pelaksanaan verifikasi berkas, pelamar akan diberitahukan untuk tanggal dan waktu pelaksanaan verifikasi berkas.

Dalam pelaksanaan pendaftaran CPNS CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun 2017 ataupun 2018 akan dilakukan tahapan pendaftaran online dan proses pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi milik BKN. Semoga bisa bermanfaat pendaftaran online dilaksanakan melalui situs sscn.bkn.go.id silahkan melengkapi berkas sampai dengan selesai selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: