Pendaftaran CPNS KEMENLU 2017/2018

KEMENLU - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri 2017/2018 Terbaru September 2017/2018 Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang terdapat di bidang urusan luar negeri. Kementerian Luar Negeri dipimpin oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) yang telah dijabat oleh Marty Natalegawa sejak tanggal 22 Oktober 2009 dan Wakil Menteri Luar Negeri dijabat oleh Wardana sejak 19 Oktober 2011.

Kementerian Luar Negeri adalah salah satu dari tida kementerian dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pertahanan yang telah dijelaskan secara eksplisit dalam UUD 1945. Kementerian Luar Negeri tidak dapat diubah atau dibubarkan oleh Presiden. Menteri Luar Negeri bersama dengan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Pertahanan bertindak sebagai pelaksana tugas kepresidenan jika Presiden dan Wakil Presiden berhenti, mangkat, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya dalam masa jabatannya secara bersamaan.



Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia kini tengah membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia pria dan wanita yang memiliki integeritas dan komitmen yang tinggi untuk menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia dan Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri. Bagi Anda Warga Negara Republik Indonesia segera daftarkan diri Anda, sebagai referensi berikut adalah cara pendaftaran CPNS Kementerian Kementerian Luar Negeri secara lengkap.

1. Formasi jabatan Kementerian Luar Negeri yang tersedia.
  • Jabatan Fungsional Diplomat Pertama
  • Jabatan Fungsional Auditor Ahli Pertama

Total CPNS : 75

Unit kerja yang mendapatkan alokasi Formasi.
  • Inspektorat Jenderal
  • Direktor Jenderal Protokol dan Konsuler
  • Direktor Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik
  • Direktor Jenderal Hukum dan Perjanjian Internasional
  • Direktor Jenderal Kerja Sama Multilateral
  • Direktor Jenderal Kerja Sama Asean
  • Direktor Jenderal Amerika dan Eropa
  • Direktor Jenderal Asia Pasifik dan Eropa

2. Kriteria Pelamar

Cumlaude

Untuk jabatan Cumlaude yaitu pelamar dari lulusan terbaik (Cumlaude atau dengan pujian) yang direkomendasikan langsung dari Perguruan Tinggi berakreditasi A atau unggul serta Program Studi terakreditasi A atau unggul dari Badan Akreditasi Nasional dan Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude atau pujian pada ijasah atau transkrip nilai.

Putra Putri Asli Papua

Untuk jabatan Putra Putri Papua dan Papua Barat yaitu pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP/ SLTP dan SMU/ SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua, hal ini harus dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan atau kepala desa.

Umum

Untuk jabatan umum yaitu pelamar yang tidak termasuk dalam semua kriteria diatas.



3. Persyaratan Umum
  • Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Calon Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/ PNS/ Anggota Negara/ Anggota TNI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  • Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih.
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipis, anggota Polri, prajurit TNI, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA) surat tersebut harus diambil dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.
  • Bersedia ditempatan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 28 tahun.
  • Bersedia tidak mengundurkan diri selama Diklat SEKDILU dan menjalani ikatan dinas selama 5 tahun sejak Diklat.
  • Persyaratan umum dan khusus secara detai dapat diakses di laman sscn.bkn.go.id atau website resmi Kementerian Luar Negeri hhtps://e-cpns.kemlu.go.id/

4. Tata cara pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri.
  1. Untuk pendaftaran, setiap pelamar harus melakukan pengisian formulir pendaftaran secara online ketika jadwal pendaftaran sudah ditetapkan untuk mendapatkan username dan password,
  2. Untuk seleksi administrasi, panitia akan melakukan seleksi administrasi berkas pelamar yang sudah melakukan pendaftaran secara online, verifikasi berkas yang diterima maka pelamar harus melengkapi kembali berkas untuk tahap berikutnya,
  3. Verifikasi berkas pelamar, setelah dinyatakan diterima pelamar harus datang ke tempat yang sudah ditetapkan untuk melakukan verifikasi berkas,
  4. Waktu pelaksanaan verifikasi berkas, pelamar akan diberitahukan untuk tanggal dan waktu pelaksanaan verifikasi berkas.

5. Ketentuan Umum
  • Tahap seleksi kemampuan dasar menggunakan metode CAT, untuk lebih jelasnya dapat langsung membuka laman resmi milik BKN.
  • Periode pendaftaran online tanggal 11 sampai 22 September 2017 (ditutup pukul 23.59).
  • Untuk peserta yang tidak hadir atau tidak mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang sudah ditetapkan maka peserta dinyatakan gugur.
  • Apabila terdapat peserta yang dinyatakan lulus dan diterika namun peserta mengundurkan diri atau digugurkan, maka Panitia dapat menggantikan dengan peserta yang memiliki peringkat terbaik dibawahnya berdasarkan hasil keputusan rapat.
  • Pendaftaran dan proses seleksi tidak dipungut biaya.
  • Kelulusan peserta merupakan prestasi peserta sendiri. Jika terdapat pihak yang menjanjikan kelulusan dengan motid apapun, maka hal tersebut adalah tindakan penipuan serta kepada peserta, keluarga dan pihak lain dilarang memberikan sesuatu dalam bentuk apapun yang dilarang dalam Peraturan Perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS. Apabila diketahui terjadi maka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku dan digugurkan kelulusannya.
Dari beberapa informasi mengenai pendaftaran CPNS maka dapat disimpulkan penerimana khusus untuk pendaftaran dilaksanakan melalui online dan full sampai pengumuman akhir, bagi yang belum mengetahui caranya silahkan kunjungi situs resmi sscn.bkn.go.id atau bisa membaca informasi pendaftaran melalui situs www.pendaftaran.net demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: