Pendaftaran CPNS Komenko Perekonomian 2017/2018

Komenko Perekonomian - Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Terbaru September 2017/2018 Kemenko Perekonomian merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang terdapat dalam bidang koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan dan pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kementerian Koordinator Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian). 

Kemenko Bidang Perekonomian terbentuk pada jaman Orde Baru yang tepatnya pada tanggal 25 Juli 1966 dengan nama Kementerian Utama Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri (EKUIN) yang pada masa itu dijabat oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Kemenko ini tergabung dalam Kabnet Ampera 1 yang menggantikan Kabinet Dwikora. Seiring dengan pergantian Pemerintah, nama dari Kementerian ini juga telah mengalami beberapa perubahan nama. Penerapan nama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sendiri disahkah pada tahun 2000.


Fungsi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
  1. Sebagai koordinasi para menteri negara dan pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian dalam keterpaduan pelaksanaan tugas dalam bidang perekonomian, termasuk pemecahan permasalahan dalam pelaksanaan tugas,
  2. Sebagai koordinasi dan peningkatan keterpaduan dalam penyiapan dan perumusan kebijakan pemerintah, penyusunan rencana, program dan kegiatan kementerian serta lembaga pemerintah nonkementerian di bidang perekonomian,
  3. Sebagai penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan dalam bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

Pada saat ini Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonedia kembali membuka kesempatan kepada seluruh Warga Negara Republik Indonesia yang memenuhi syarat dan berminat menjadi CPNS dalam lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dengan kualifikasi dan ketentuan tertentu. Bagi Anda Warga Negara Republik Indonedia segera daftarkan diri Anda, sebagai referensi berikut adalah cara pendaftaran CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian secara lengkap.

1. Farmasi Jabatan dan Kualifikasi Pendidikikan Kemenko Perkonomian CPNS yang tersedia.
  • Analis Kebijakan Ahli Pertama
  • Analis Tata Usaha

Keterangan Farmasi CPNS Ekonomi.
  • Farmasi untuk lulusan cumlaude : 3
  • Farmasi Difabel atau Disabilitas : 1
  • Farmasi untuk putra dan putri Papua dan Papua Barat : 1
  • Farmasi jalur umum : 20
Total : 25


2. Deskripsi pekerjaaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
Unit kerja yang mendapatkan alokasi formasi (Alokasi Penempatan)
  • Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan (Deputi II),
  • Sekretariat Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Sekretariat),
  • Deputi Bidang Pengolahan Energi, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup (Deputi III),
  • Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian (Deputi II),
  • Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri (Deputi V),
  • Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan dan Daya Saing Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Deputi IV),
  • Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional (Deputi VII),
  • Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah (Deputi VI).

Kriteria Pelamar

Dibutuhkan kriteria pelamar memunuhi persyaratan tertentu dengan kebutuhan masing-masing jabatan dengan kriteria sebagai berikut.

Cumlaude

Untuk jabatan Cumlaude yaitu pelamar dari lulusan terbaik (Cumlaude atau dengan pujian) yang direkomendasikan langsung dari Perguruan Tinggi berakreditasi A atau unggul serta Program Studi terakreditasi A atau unggul dari Badan Akreditasi Nasional dan Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada saat lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude atau pujian pada ijasah atau transkrip nilai.

Disabilitas

Jabatan Difabel atau Disabilitas untuk pelamar yang menyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus dengan kriteria mampu melakukan tugas seperti menganalisa, menyampaikan pendapat, mengetik, berdiskusi dan bisa berjalan, tidak buta serta tidak tuli.

Putra Putri Asli Papua

Untuk jabatan Putra Putri Papua dan Papua Barat yaitu pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP/ SLTP dan SMU/ SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau berdasarkan garis keturunan orang tua (bapak) asli Papua, hal ini harus dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan atau kepala desa.

Umum

Untuk jabatan umum yaitu pelamar yang tidak termasuk dalam semua kriteria diatas.


Persyaratan Pelamar 

Persyaratan Umum untuk semua jabatan (Cumlaude, Difabel/ Disabilitas, Putra Putri Papua dan Papua Barat dan Umum)
  1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, UUD 2945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Calon Pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/ PNS/ Anggota Negara/ Anggota TNI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  3. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan penjara 2 tahun atau lebih.
  4. Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipis, anggota Polri, prajurit TNI, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  6. Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yang sesuai dengan formasi jabaran,
  7. Usai pada tanggal 1 September 2017 minimal usia 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada 1 Desember 2017.
  8. Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yang dilamar. Kecuali pelamar Disabilitas/ Difabel sesuai dengan ketentuan kriteria pelamar yang disebutkan diatas dan mendapat kebijakan khusus.
  9. Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/ NAPZA) surat tersebut harus diambil dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yang masih berlaku wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir.

Untuk jadwal pendaftaran dapat mendaftar langsung secara online di laman https://sscn.bkn.go.id . Persyaratan online dan batas waktu pendaftaran dimulai pada tanggal 11 s.d. 25 September 2017. Silahkan kunjungi situs resmi dan ikuti proses pendaftaran sampai dengan selesai semoga informasi yang sudah kami berikan bisa bermanfaat terima kasih selamat mencoba.

Subscribe to receive free email updates: