Lowongan Kerja CPNS Pertanian

Pertaninan.go.id - Lowongan Kerja CPNS Pertanian Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Pertanian Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil masih merupakan jenis pekerjaan yang diminati banyak orang. Tak ayal, setiap pembukaan pendaftaran CPNS maka akan berjubel orang yang memadatinya. Tahun 2017 ini, kembali dibuka banyak sekali formasi dari beberapa instansti dan lembaga pemerintah. Lantas bagaimana cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertanian?

Tahun ini dibutuhkan sebanyak 475 orang CPNS yang akan menempati formasi yang terbagi dalam 12 unit kerja. Keduabelas unit tersebut yang termasuk dalam cara pendaftaran PNS Kementrian Pertanian adalah Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Direktorat Jenderal Sarana dan Prasarana Pertanian. Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Jenderal Hortikultura, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, lnspektorat Jenderal, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Badan Karantina, Badan Ketahanan Pangan, Badan Karantina Pertanian serta UPT/Unit Pelaksana Teknis yang tersebar di 34 provinsi di tanah air.



Jabatan yang dibutuhkan antara lain Analis Kepegawaian Ahli Pertama, Analis Kerja Sama, Analis Keuangan, Analis Lahan Pertanian, Analis Laporan Keuangan, AnaIis Pasar Hasil Pertanian Ahli Pertama, Analis Pembiayaan Pertanian, Analis Pengembangan Kelembagaan, Analis Perencanaan Anggaran, Analis Sistem Informasi, Assessor SDM Aparatur Ahli Pertama, Auditor Ahli Pertama, Dosen Asisten Ahli, 

Guru Ahli Pertama, Medik Veteriner Ahli, Peneliti Ahli Pertama, Pengawas Benih Tanaman Ahli Pertama, Pengawas Bibit Ternak Ahli Pertama, Pengawas Mutu Hasil Pertanian Ahli Pertama, Pengawas Mutu Pakan Ahli Pertama, Pengendali Organisme Penganggu Tumbuhan Ahli Pertama, Penyuluh Pertanian Ahli Pertama, Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Pertama, Perekayasa Ahli Pertama, Perencana Ahli Pertama, Pranata Humas Ahli Pertama, Statistisi Ahli Pertama dan Widyaiswara Ahli Pertama.

Sedangkan Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Pertanian juga didasarkan atas beberapa kriteria yang disesuaikan dengan kebutuhan dari tiap jabatan. Ada beberapa jabatan yang menyediakan formasi guna mereka yang memiliki posisi kelulusan cumlaude, juga tersedia posisi bagi mereka yang disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat serta formasi untuk umum. Sedangkan untuk kualifikasinya dapat dilihat pada halaman resmi situs Kementrian Pertanian.

Syarat utama untuk mendaftar menjadi CPNS dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertanian adalah WNI berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, yang sehat jasmani (kecuali untuk beberapa jabatan) serta rohani dan bebas ketergantungan obat. Pelamar juga tidak boleh pernah terlibat dengan perkara hukum pidana sehingga harus masuk ke dalam penjara, mereka harus bersih dari kasus pemberhentian secara tidak hormat dari tempat kerja semula. Selain itu para pelamar juga tidak boleh tercatat sebagai CPNS atau PNS maupun anggota POLRI/TNI ataupun siswa yang bersekolah dan terikat dengan dinas pemerintah.

Syarat selanjutnya adalah pelamar tidak boleh aktif maupun terdaftar sebagai pengurus maupun anggota partai politik. Latar belakang studi pelamar juga harus sesuai dengan jabatan yang akan dipilih dengan IPK minimal, baik untuk S1 maupun S2 adalah 2,75 dan berasal dari Perguruan Tinggi unggulan. Jika sudah diterima, maka pelamar wajib mematuhi syarat berikutnya yaitu bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Cara Pendaftaran CPNS Kementrian Pertanian

  • Menyerahkan dokumen yang harus dilengkapi dengan KTP asli atau Surat Keterangan dari Dukcapil yang menyatakan telah melakukan rekam kependudukan. Jika alamat pelamar tidak sesuai KTP maka harus disertai surat domisili. Pelamar juga harus membuat surat lamaran bermeterai Rp. 6.000 yang ditulis tangan maupun diketik komputer yang ditujukan ke Menteri Pertanian Rl di Jakarta. Kemudian harus menyerahkan transkrip nilai serta ijazah asli dan surat pernyataan bermeterai Rp. 6.000 yang diketik komputer yang dapat diunduh di laman https://sscn.bkn.go.id. Pelamar juga harus menyertakan satu lembar pas foto ukuran 3x4 dengan latar warna merah.
  • Melalui laman https://sscn.bkn.go.id pelamar melakukan pendaftaran serta pengunggahan dokumen yang sudah discan sebelumnya. Nomor Induk Kependudukan yang digunakan adalah yang ada di KTP atau KK dan Nomor KK.
  • Pelamar dapat mendaftar serta mengunggah dokumen pada tanggal 11 September hingga 25 September 2017 sebelum pukul 23.59 WIB.
  • Jika dinyatakan lulus seleksi administrasi maka pelamar dapat mencetak kartu peserta ujiannya dari laman https://sscn.bkn.go.id selama periode 2 Oktober sampai 6 Oktober 2017.


Dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertanian juga terdapat seleksi yang meliputi tahap seleksi administrasi berupa kelengkapan dokumen yang sudah disebutkan diatas,  SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar yang menggunakan sistem berbasis komputer (CAT/Computer Assorted Test) dan bobot untuk seleksi ini mencapai 40% dari total penilaian, Serta SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang yang masih dibagi menjadi dua lagi yaitu seleksi menggunakan sistem CAT untuk jabatan fungsional serta  wawancara/psikotes untuk jabatan fungsional atau pelaksana. Bobot tes ini mencapai 60%.

Proses Kelulusan dan Kelanjutannya dalam Cara Pendaftaran CPNS Kementrian Pertanian


Kelulusan Administrasi

Baik untuk lulusan S1 maupun S2 akan dilakukan seleksi atas dokumen yang sudah diserahkan. Pengumuman lolos atau tidaknya akan diberitahukan di dalam laman https://cpns.pertanian.go.id dan bagi yang lolos harus mengunjungi laman https://sscn.bkn.go.id guna pencetakan kartu sebagai syarat melakukan ujian selanjutnya.


Kelulusan SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar

Dilakukan sesuai dengan ketetapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Mereka yang lolos dilihat dari nilai yang berhasil diperoleh sesuai dengan ketetapan tersebut.


Kelulusan SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang

Nilai Akhir yang diperoleh untuk menyatakan lulus atau tidaknya adalah berdasarkan akumulasi nilai yang didapatkan saat SKD dan SKB.


Tempat Ujian Cara Pendaftaran PNS Kementrian Pertanian

Tempat untuk ujian SKD maupun SKB bertempat di BKN Pusat serta 12 Kantor Regional BKN dan 8 UPT BKN. Untuk mengetahui alamat lengkap dari kantor-kantor tersebut, pelamar dapat mengakses laman www.bkn.go.id

Subscribe to receive free email updates: